Pelatihan Operator Dewi Cantik di Desa Dieng Kulon

27 Juli 2022
Elvaz
Dibaca 68 Kali
Pelatihan Operator Dewi Cantik di Desa Dieng Kulon

Rabu, (27/07), BPS Kab. Banjarnegara menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Operator Dewi Cantik di Desa Dieng Kulon dihadiri oleh Kepala BPS beserta seluruh pendamping desa dan staf, kepala desa beserta seluruh perangkat desa, mahasiswa KKN yang ada desa Dieng Kulon, dengan perwakilan mahasiswa sebagai calon pendamping desa, dan perwakilan dari dinas kominfo Banjarnegara.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Ratna Setyowati, S.Si, MT, MA selaku Kepala BPS Banjarnegara. Disampaikan mengenai penjelasann umum Dewi Cantik, Pengertian Data dan Statistik, Sistem Statistik Nasional, Satu Data Indonesia dan GSBPM.
Pada kegiatan kali ini dilakukan evaluasi langsung mengenai kondisi data yang ada di Desa Dieng Kulon, yang dilakukan menggunakan Microsoft excel seperti untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan untuk melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa Dieng Kulon dalam penyelenggaraan kegiatan statistik, standardisasi pengolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran dan membentuk agen-agen statistik pada level desa.